Sabtu, 23 Oktober 2010

Lebih Baik Mendengar

Akhirnya saya menemukan sebuah kata saran buat diri saya sendiri yaitu lebih baik mendengar. Dalam sebuah pertemuan yang sebelumnya tidak direncanakan di sebuah tempat susah dijangkau Pada saat sarapan pagi terlihat   sebuah diskusi yang hangat dan seru karena pihak yang terlibat diskusi tidak ada yang mau mengalah. Masing-masing merasa pendapatnya benar.  Mengapa merasa benar karena keduanya tidak ada yang bersedia mengalah..

Lebih baik mendengar adalah sebuah saran  yang paling bijak bila salah satu lawan bicara atau teman diskusi menunjukkan argumen yang kuat dan tidak mau mengalah. Pendapatnya sudah tidak dapat di sanggah lagi.  kalau terus   berlanjut akan menimbulkan suasana panas . Puncaknya bisa naik pitam alias emosi. Kalau dipaksakan bisa  berkelahi seperti yang sering kita lihat di TV.

Kalau dalam diskusi kedua duanya  tetap bersikukuh pada pendapatnya dan kalau berlanjut akan menilbulkan  masalah . Cara yang terbaik salah satu perlu  mengunakan akal sehat  menjadi pendengar yang baik adalah salah satu solusi.  Artinya menerima pendapat walaupun dalam hatinya pendapattnya  benar. Memang terkadang ada orang  merasa pendapatnya selalu benar. Akan tetapi suatu saat  akan bertemu dengan pendapat orang lain yang lebih benar. 

Lebih baik mendengar adalah sebuah saran bila lawan bicara kita ngotot atau  orang yang lebih tua . Sebagai lawan bicara  mendengar lebih baik adalah sebuah resep bagaimana memberi perhatian lebih kepada lawan bicara.  Lebih baik mendengar adalah  sebuah resep menjadi pendengar yang baik sekaligus menghargai orang lain.

Tidak ada komentar: