Selasa, 28 April 2009

Berani Mengatakan TEGAS Tidak !

Pernahkah anak Anda menagis meronta ronta minta dibelikan sepatu baru ,padahal satu minggu yang lalu Anda baru membelikan .


Bagaimana Anda bersikap ? menyanjikan, membelikan atau dengan tegas menolak tidak.


Kalau Anda menyanjikan berarti Anda memberikan harapan pada anak Anda. Berarti Anda memiliki hutang untuk membelikan. Kalau seandainya Anda tidak jadi membelikan anak akan berkata bapak “Bohong “ artinya Anda tidak konsisten dan masih banyak omongan lagi. ..


Kalau Anda membelikan sementara anak Anda baru saja membeli berari, Anda memanjakan anak . Membelikan kalau nilai manfaatnya kurang, lebih baik katakan dengan tegas TIDAK .


Lebih baik Anda katakan dengan tegas tidak, sebab Anda tidak memiliki hutang masalah dan pada saat itu sudah selesai. Akan tetapi jika Anda mengatakan Ok! Nanti Bapak akan membelikan bulan depan . Berarti Anda memberikan janji pada anak. Anda memiliki hutang apada anak , Anda memberikan harapan Bila Anda mengatakan tidak dengan tegas , Anda pulang ke rumah tidak Ada beban.


Berani mengatakan dengan tegas tidak, Anda tidak akan terintervensi perasaan bersalah . Berani berkata tidak awalnya tidak enak, akan tetapi untuk melangkah ke depan menjadi lebih ringan sebab tidak memiliki hutang janji .


Berani berkata tidak berarti Anda pandai untuk memilih skala prioritas mana yang penting dan kurang penting..


Bookmark and Share

Tidak ada komentar: