Senin, 04 Agustus 2008

Akhirnya Saya Bertemu Dr. Joe Vitale

Coba bayangkan bagaimana rasanya Anda bertemu dengan seorang maha bintang dalam film the secret dan sekaligus penulis buku best seller di amazon.com

Pada saat itu saya sedang menghadiri acara hajatan perkawinan putri sulung Paman yang bersuamikan orang Dallas Amerika. Saya tidak menduga teryata rumah Paman bertetangga dengan Dr.Joe Vitale sang guru the Secret

Saya memberanikan diri mengetok pintu rumahnya dan memperkenalkan diri. Hello Mr Joe saya dari Indonesia, waktu mengucapkan dari Indonesia Mr Joe sedikit bingung.

Saya salah satu pengemar film The secret dan kolektor buku dari Mr Joe dan yang paling saya suka adalah hipnotic writing dan masih banyak lagi.

Teryata saat bertemu dengan beliau Mr Joe , orangnya sama seperti yang ada dalam buku karangannya benar-benar menghipnotis pembicaraannya. Orangnya luwes, bersahaja dan menyenangkan untuk di ajak berbicara.

Salah satu pertayaan saya adalah bagaimana Mr Joe untuk mengawali menulis buku sehingga menjadi buku best seller. Beliau dengan ramahnya memberikan jawaban.

Menulis itu seperti kalau kita mau mengerjakan sesuatu pekerjaan, jadi yaa mulailah dari sekarang jangan sampai menunggu pangeran ilham mendatangi Anda.

Kalau Anda menulis pengeran ilham akan menghampiri Anda dan dewi kreatifitas akan mengendus bau kreatifitas Anda.

Beliau memberikan cara mudah mengawali menulis menghasilkan karya best seller.

Berikut lima saran untuk membantu Anda mengawali langkah pertama menulis dan akan terus bergerak setelah Anda memulai prosesnya.

1.Mulai saja.
Ambil bolpoin Anda dan bergeraklah! Tulis apa saja. Apa saja! Menteri Eric Botterworth pernah mengatakan bahwa ia bisa menulis begitu banyak buku, kolom, khotbah dan acara radio karena ia selalu memulai harinya memulai menulis secara asal.

Maestro fiksi ilmiah Ray Bradbury setiap hari menuliskan apa saja yang ada di otaknya sampai muncul ide yang tepat.Tulis apa saja yang ada di benak otak Anda.

Cepat atau lambat Anda akan menemukan ilham sehingga bisa menulis dengan lancar. Tulisan asal akan berubah menjadi kebijaksanaan ,menulis apa saja menghasilkan cerita yang mempesona. Coba saja.

2.Jangan mengedit.
Matikan layar komputer sehingga Anda tidak bisa melihat kata-kata yang sedang Anda ketik.

Pejamkan mata ,atau tutup mata Anda dengan kain Yang penting jangan mengedit ! sang ilham menginginkan pikiran yang siap menerima,bukan seorang editor.

Jika sambil mengedit sambil menulis , Anda takkan menulis. Tulis apa adanya. Tulis dengan berani . Katakan saja apa yang ingin Anda katakan.” Tulis dulu, edit kemudian “ adalah pepatah yang baik.

3. Tulis surat.
Anda kemungkinan besar merasa lebih mudah menulis surat kepada teman daripada menulis artikel untuk majalah mengapa?karena surat lebih hangat ,pribadi dan terfukus.

Banyak hipnotic writing muncul dalam bentuk surat. Kita menjadi canggung ketika menulis untuk umum. Triknya adalah menulis apa pun sebagai surat pribadi.

Mulailah dengan kata “ kepada mama”, tulis isinya , dan tutup dengan “ Salam peluk dan cinta”. Setelah itu , tinggal diedit. Dan selesailah artikel Anda.

4. Gunakan kata pendorong.
Ini adalah rahasia besar dalam membuat Hynotic writing. Ciptakan serangkaian kata pendorong yang bisa Anda manfaatkan. Gunakan kata-kata itu untuk memandu Anda ke kalimat berikutnya.

Contoh kata pendorong adalah karena, dan , atau. Setiap kali Anda menulis dan merasa kehabisan ide berikutnya,gunakan kata pendorong. Kata itu akan mendorong Anda ke ide berikutnya.

Misalkan,katakanlah Anda sedang menulis kalimat” Hypnotic Writing membuat pembaca terus terpaku..” dan Anda tidak tahu lagi apa yang berikutnya harus dikatakan.

Tambahkan kata pendorong ke kalimat Anda dan tuliskan apa pun yang datang ke pikiran. Kata pendorong akan memicu Anda untuk membuat ide berikutnya . Cobalah!

5. Relaks. Letakkan bolpoint Anda.
Regangkan tubuh . Tutup mata dan tarik napas yang dalam dan panjang .

Keluarkan napas dengan suara keras. Ahhhhhhhh. Rasanya enak bukan! Inspirasi senang datang pada penulis yang relaks, bukan yang tegang.



Tidak ada komentar: