Rabu, 15 Juli 2009

Menciptakan Entrepreneur

Hampir orang tua berharap anak-anaknya setelah lulus kuliah cepat mendapatkan pekerjaan. Alangkah baiknya kalau saran itu sedikit demi sediki perlu diubah. Memulai merubah pola pikir dari kata mencari menjadi menciptakan pekerjaan. Banyak ide untuk memulai usaha, apalagi yang sifatnya Online. Tidak memerlukan investasi yang banyak hanya memerlukan investasi kemauan, kegigihan terus menerus .

Dari hasil survie pada tahun 2001 di sigapura orang yang berprofesi sebagai entrepreneur mencapi 3,2 % dari populasi penduduk . Pada tahun 2006 meningkat menjadi 7,2 % . Wajar kalau sigapura menjadi negara makmur karena banyak warga negaranya yang memiliki profesi sebagai entrepreneur.

Bagiaman dengan Indonesia yang memiliki sumber alam yang berlimpah. Pada tahun 2001 menurut data baru 0,18 % atau 400.000 orang menjadi entrepeneur. Indonesia akan menjadi makmur dan maju bila mencapai 4,2 juta orang yang menjadi entrepeneur.

Untuk menjadi seorang entrepeneur sebenarnya tidak sulit. Saat ini menjamur worshop pelatihan merubah mindset menjadi seorang entrepeneur baik offline maupun Online. Yang sulit adalah mempertahankan semangat tetap membara mengantarkan menjadi seorang entrepeneur. Kalau memilihat realitasnya ada entrepreneur yang lahir karena kepepet ini yang biasanya lebih bertahan.

Bagaimana cara menciptakan seorang entreprenur seawal mungkin. Bukan karena kepepet . Apakah perlu mengikuti kegiatan pelatihan atau traning. Sebenarnya kegiatan itu hanya lebih meningkatkan ketrampilan. Yang menjadi masalah adalah spirit yang melandasi seseorang menjadi seorang entrepreneur. Akar masalahnya adalah orang itu memiliki jiwa kepemimpinan atau tidak. Pada umumnya tidak berhasil karena jiwa kepemimpinan lemah.

Bagaimana menciptakan entrepeneur yang memiliki jiwa kepemimpinan yang tangguh harus dimulai dari jenjang pendidijan dasar. Jiwa kepemimpinan yang kuat berkaiatan dengan kedisiplinan, tanggung jawab, daya dahan. Faktor lain yang menunjang adalah kemampuan menjalin hubungan dengan orang lain. Kalau itu sudah tertanam akan mudah melahirkan entrepreneur handal yang tanggung tahan badai gurun.

1 komentar:

Unknown mengatakan...

benar beliau adalah kakek-nenek yg sangat mengayomi

sebagai cucu saya sangat kagum kepada beliau

tanpa adanya beliau mungkin saya tidak tumbuh menjadi orang

terima kasih bloger yg sudah ikut mengharumkan kakek-nenek saya