Rabu, 18 Juni 2008

Peringatan : Apakah anak Anda memainkan Game tiap hari ?

Coba bayangkan 5 tahun lalu dengan sekarang, perkembangan teknologi begitu pesat sekali. Dapat Anda bayangan semua informasi diperoleh hanya dalam genggaman.

Yang di maksud dalam genggaman bagi Anda yang memiliki Hp dengan fasilitas WAP Anda tinggal ketik klik keluarlah informasi yang diperlukan.

Anda ingin mengemail rekan Anda , buka web, webblog, sambil minum kopi di pagi hari atau ingin mencari berita Anda tidak perlu beli koran.

Tinggal langganan RSS Feed gratis, Anda akan mendapatkan semua informasi yang diringkas dalam satu halaman. Sehingga Anda tinggal pilih informasi sesuai selera

Apa yang dimaksud dengan RSS Feed ? Adalah sindikasi kandungan yang ada di blog.Sindikasi yang dimaksud adalah, sebuah situs yang memiliki RSS feed dapat kita baca isinya tanpa harus datang ke situs tersebut.

Contoh kalau Anda ingin melihat hasil pertandingan sepak bola Piala Euro dari BBC.COM. Karena malamnya tidak sempat nonton, pagi hari tinggal klik keluarlah berita sesuai Anda cari. Anda dengan mudah mencari hasil analisis pertandingan dari Steve McClaren

Anda ingin menambah situs situs terkenal dikumpulkan di RSS feed , Anda dapat membaca semuanya dalam satu halaman. Misalkan Anda dapat membaca Liputan6, Bisnis, CNN, BBC, sekaligus blog kesayangan Anda.

Berlangganan internet saat ini bisa Anda dapatkan dengan harga terjangkau , saat ini ditawarkan dengan harga paket. Anda dapat mengakses sepuasnya 24 jam

Kalau Anda berlangganan internet dan Anda memiliki putra-putri beranjak dewasa alangkah baiknya bukan sebagai fasilitas pribadi. Jika Anda memberikan sebagai fasilitas pribadi Anda harus rajin untuk mengontrol.

Saya memiliki pengalaman dengan anak anak beranjak dewasa, dari pertemuan beberapa kali kok selalu ngantuk dan kalau datang belajar selalu telat. Pada kesempatan lain saya cek dengan gurunya ternyata saya mendapatkan informasi yang sama.

Beberapa minggu kemudian saya bertemu dengan orang tuanya, saya mengkomunikasikan dengan orang tuanya.Saya juga bertanya fasilitas apa saja tersedia di kamarnya “ luar biasa lengkap” ada TV, komputer plus internetnya, telepon dll, intinya semuanya ada.

Saya menanyakan pada orang tuanya maaf pak apakah bapak pernah mengontrol pada saat putra bapak berada di kamarnya? Jawab orang tua sejauh ini saya belum pernah. Nah barang kali sekali kali Bapak perlu sidak pada tengah malam. Mungkin putra Bapak tidak tidur tetapi sedang asyik dengan fasilitasnya. Karena preventif lebih baik dari pada menunggu kejadian

Kalau Anda terpaksa memberikannya dengan kontrol ketat atau dengan cara Anda install dengan program filter Anti porn, sebab di negara kita belum ada undang-undang yang secara tegas mengatur

Dengan memberikan fasilitas free buat anak- anak Anda apalagi ditempatkan di kamar pribadi anak. Anda memiliki tanggung jawab untuk mengontrol. Jangan sampai disalah gunakan untuk hal yang tidak bermanfaat

Dengan mulai turunnya tarif bandwidth otomatis tarif berselancar di dunia maya makain murah. Di Jakarta warnet tumbuh bagaikan cendawan di musim hujan, tarif sangat bervariasi dari 2000/jam sampai 6000/jam. Dengan uang sepuluh ribu tangan kita sudah pegal dan mata jadi perih.

Sekarang tidak hanya di kafe kafe juga di rumah makan sudah tersedia blok spot, yaa sambil makan dengan klien Anda moment bisnis hanya dalam genggaman Anda. Artinya sambil makan Anda bisa memberikan presentasi Online Via web Anda, jadi waktu sangat berharga buat Anda

Apakah Anda pernah pergi ke warnet? Di Jakarta yang pernah saya kunjugi umumnya ada dua jenis warnet khusus untuk game online dan umum. Tempatnya biasanya diberikan batas partisi atau bilik-bilik. Ini yang perlu kontrol yang ketat dari pengelolannya

Saya pernah melihat apa yang seharusnya tidak dilakukan oleh anak-anak. Pada saat kejadian kebetulan saya iseng ngitip sebenarnya ingin tahu. Apa yang sebenarnya anak-anak lakukan di warnet? Apa yang mereka lakukan sungguh di luar dugaan, mereka sedang asik membuka situs khusus dewasa. Kondisi seperti itu kalau tetap dibiarkan apa jadinya anak tersebut, kalau mengakses sistus khusus dewasa. Padahal SD saja mungkin belum tamat.

Kalau Anda tidak mengontrol apa yang dilakukan anak di internet selain informasi khusus dewasa juga tersedia game online. Fasilitas yang disediakan tinggal dipilih apa saja ada. Kalau Anak Anda memainkan game perang-perangan berarti secara emosi anak terlibat didalamnya. Sehingga kalau musuhnya kalah akan berteriak rasa puas, tapi sebaliknya kalau kalah yang timbul uring-uringan, marah.

Nah kalau kegiatan permainan itu anak melakukan tiap hari Anda dapat membayangkan pengaruhnya terhadap emosi anak. Kalau Anda menemukan putra-putri Anda saat disuruh mandi “bilang ntar ntar “ lebih asyik dengan permainan gamenya berarti sudah kecanduan.

Secara ilmiah belum menemukan tapi secara bukti saya menemukan kasus. Ada anak teman tiap hari minta uang sama mamanya untuk main game. Karena kegiatan anak melakukan tiap hari dalam permainan tersebut melibatkan emosi pemainya,tanpa disadari anak mulai merasakan kepalanya mulai sakit.

Alhasil kemudian dibawa ke dokter spesialis anak, dokter menayatakan apakah anak suka main game di jawab sama bapak iya Dok hampir tiap hari. Dokter menyimpulkan bahwa anak bapak menderita tekanan darah tinggi yang disebabkan oleh permainan game. Padahal anak itu masih di TK

Keberadaan warnet sebagai sarana mendapatkan informasi instan tentu saja baik. Tetapi Anda akan bertanya kalau fasilitas yang ada berikan partisi atau bilik. Partisi ditujukan untuk memberikan kenyamanan bagi netter.

Memang hampir setiap warnet selalu ditempel dilarang untuk mengakses situs khusus dewasa. Tapi kalau diberikan bilik-bilik gimana mau mengontrol akhirnya larangan tinggal larangan. Saat pengelola sedang lengah netter cilik memanfaatkan situasi tersebut untuk melihat situs khusus dewasa.

Kalau sudah kecanduan yang bertanggung jawab siapa orang tua atau pengelola warnet? Mungkin Anda tahu kenapa begitu karena otaknya sudah di isi dengan informasi tidak sesuai usia tingkat perkembangannya.Sehingga yang timbul kemalasan dan bebal untuk berfikir

Bagaimana mewujudkan sesuap nasi sengenggam berlian yang halal artinya tanpa mengorbankan pihak konsumen. Ada beberapa cara untuk meminimalkan penyalahgunaan internet diantaranya;

Kalau kegiatan dilakukan dirumah orang tua betul betul mengecek, mengontrol apa yang dilakukan di kamarnya. Jangan hanya mengejar sesuap nasi segenggam berlian alias cari duit saja. Alangkah baiknya di kamar putra putri Anda hanya khusus untuk istirahat.

Bagaimana kalau di luar rumah misalkan di warnet, hampir semua memberikan larangan untuk membuka situs khusus dewasa. Tapi larangan tinggal larangan, biasanya kalau kita memberikan larangan anak anak cenderung melanggar.

Saya pernah mendapatkan info sudah tersedia sofware khusus untuk memfilter situs khusus dewasa. Atau saya pernah dapat cara membiarkan untuk mengakses ,tapi awas kalau tertangkap hukuman menyuruh menghapus sampai bersih sekali . Apakah menjadi jera, coba silahkan!!!

Tidak ada komentar: