Minggu, 29 Juni 2008

Kado Ulang Jakarta ke- 481

Memperingati hari jadi ke-481 dengan gubernur yang baru panggilan Bang Foke kok rasanya adem ayem tidak seperti pada saat berkampanye semangatnya luar biasa. Memimpin DKI memang dibutuhkan bara yang terus membara, leadership kuat,penuh inisiatif, inovatif, dan masih banyak trik trik yang lain.

Menengok usianya yang sudah tua mungkin sama dengan kota-kota lain di luar negeri.Memiliki pesona sendiri apalagi Jakarta sebagai ibu kota negara. Mengambil pribahasa makin tua makin arif, bijaksana, banyak royaltinya dll.

Memasuki ulang tahun ke-481 tepatnya di tahun 2008, kado apa yang sudah diberikan untuk masyarakat. Tepat merayakan ulang tahun Jakarta kita mendapatkan kado istimewa yaitu kenaikkan BBM. Dampaknya berantai berpengaruh terhadap semua kebutuhan pokok.

Masyarakat 100% kena dampaknya, mungkin bisa saya ceritakan fasilitas publik yang sudah atau memiliki inisitif lebih dulu menaikkan tarif baru.Mulai dari faslitas tranportasi publik yang ada di Jakarta.

Tranportasi publik sebagai salah satu solusi kemacetan di Jakarta yaitu Busway atau istilahnya pakai bis wae mas? Supaya tidak terkena macet. Saat ini tersedia kalau tidak salah delapan koridor. Satu satunya tranportasi belum menaikkan tarif . Pagi hari sebelum jam 7.00 tarif Rp 2000. masuk jam 7 ke atas tarif Rp.3500,-. .Anda mau pindah-pindah koridor hanya bayar satu kali.

Memang saat ini banyak diminati masyarakat, terbukti selalu penuh. Di setiap selter peberhentian banyak yang antri. Dengan Busway untuk saat ini yang saya rasakan paling cepat samapai tujuan .

Bagimana dengan fasilitas dan kesiapan pemerintah ? Fasilitas yang berhubungan dengan kenyamanan penumpang tersedia seperi AC, tempat duduk, larangan makan minum rasanya itu saja, Oh yaa ditambah ada keamanannya juga.

Untuk kesiapan dari pemerintah setelah 3 tahun berjalan perintah khususnya pemda DKI kewalahan . Kalau boleh menyampaikan bukti di selter selter strategis selalu penuh dengan antrian. Saat jam jam sibuk rasanya malah bertambah lama kita menunggu . Karena bis yang ada penuh sesak seperti kereta ekonomi Jabotabek, hanya bedanya tidak ada yang duduk di atas bis . Hal yang tidak boleh adalah mengurangi hak Rasa aman dan nyaman penumpang selama perjalan.

Tranpotasi umum yang lain di Jakarta sifatnya personal seperti TAXI. di Jakarta selama ini tersedia dua tarif lama dan baru. Untuk tarif lama buka pintu Rp. 4000,-, tarif per kmnya Rp.2000,-. Tarif Baru buka pintu Rp.5000,-, tarip per kmnya Rp.2500,-. Dengan kenaikkan BBM terjadi kenaikkan, waktu saya pulang dari tempat kerja iseng-iseng saya tanya. Harga penyesuaian tarif lama Rp 5000,-per kmnya Rp.2500,- , tarif baru penyesuian Buka pintu Rp. 6000,- tarip per kmnya Rp. 3000,- . Tarip penyesuain berlaku per 16 Juni 2008.

Pilhan tranportasi lain untuk Bis AC, pada saat malamnya disampaikan Pak Wakil Presiden paginya langsung tarip naik. Saya dengar dari penumpang sebelah biasanya RP.5000,- tiba-tiba menjadi Rp.6000,- waktu diminta ongkosnya lhoo pak kondektur organda kan belum membuat aturan kenaikkan tarif bis ? Maaf bu kita beli solarnya nggak bisa menunggu dari organda, maksudnya pagi ini harus beli pakai harga baru. Saya pikir “ betul juga pak kondekturnya jawabnya” .

Bis reguler non Ac waktu setelah kenaikkan tarifnya minta tambah Rp.500,-, Nah di Jakarta juga tersedia Metromini dan Kopaja awalnya Rp 2000,- , sama juga paginya juga tidak usah menunggu aturan dari Organda naik menjadi Rp.2500,- dengan aturan tarip untuk jauh dekat.

Model angkutan lebih kecil seperti Mikrolet atau angkot sama dengan yang lain, otomatis langsung dinaikkan, Pada kesempatan lain saya bertanya pada pengemudinya Pak Bagaimana dengan kenaikan BBM kebetulan Bapak orangnya orang yang Nrimo atau ikutin saja apa yang sudah ditetapkan pemerintah. Malah Bapaknya bilang itu kan untuk kebaikkan kita semua. Saya malah mendapatkan ceramah pada dasarnya penumpang udah tahu nggak usah diminta ongkos baru ,malah langsung menyesuaikan kenaikkan.

Angkutan beroda tiga Bajaj, di Jakarta saat ini tersedia dua model lama dan baru . Model lama sumber polusi kenapa karena bahan bakarnya campuran oli dan bensin. Model baru berbahan bakar gas, sehingga di kenal dengan bajaj ramah lingkungan. Syarat kepemilikannya dengan cara menukar bajaj lama. mendapat satu bajaj baru .

Bagiaman tarifnya memang angkutan yang satu ini kalau bukan orang yang sudah lama tinggal di Jakarta perlu menawar. Tapi saya selama tinggal di Jakarta belum pernah menawar kalau mau naik bajaj . Alhasil dua-duanya puas!!!

Mau tahu caranya pengalaman selalu saya gunakan adalah buatlah ramah terhadap pengemudi. Atau istilahnya kita “orangkan”, kita bertanya yang membuat pengemudi senang. Kalau sudah demikian biasanya terjadi keakraban , sehingga disaat akhir Anda akan membayar lebih enak, tak usah tawar menawar. Kalau Anda sudah tahu kira-kira tarifnya tinggal memberikan saja. Saya jamin tidak minta tambah ongkos lagi.

Pengalaman ini sudah lebih 1000 kali atau lebih ,karena tiap minggu saya menggunakan semua tranpotasi yang ada di Jakarta. Satu lagi tranpotasi anti macet beroda dua yang ada di Jakarta. Ojek atau di sebut raja jalan karena kalau sudah macet ,tanpa malu-malu naik trotoar . Itulah fenomenal Ojek di Jakarta, hampir semua sudut di Ibu kota tersedia mereka beroperasi bisa 24 jam.

Di wilayah tetentu saya sering melihat expatriat naik ojek , yaa.. karena bebas macet dan cepat sampai tujuan. Mengenai tarif hampir mirip seperti naik bajaj. Keberadaan ojek makin subur dengan jumlahnya makin banyak . Mereka pada umumnya para pendatang dari luar daerah. Terjadi karena di tempatnya asalnya tidak ada lapangan pekerjaan. Sebagai alat motor tinggal pakai sama seperti yang lain tiap harinya tinggal setor pada pemilik motornya.

Hadiah lain yang diberikan pada pemerintah DKI kepada warganya adalah memberlakukan tarif baru PAM . Karena pemerintah tidak mau menaikkan, akhirnya operator baru punya akal cerdik yaitu dengan membuat standar baru. Yaitu dengan cara menaikkan standar dari rumah sederhana menjadi rumah menengah, dari yang menengah ke yang lebih tinggi. Dan tarifnya memberatkan masyarakat, OK! Lah tarif mahal service bagus, kenyataan dalam bulan Juni 2008 sudah dua kali tidak mengalir, tanpa pemberitahuan lebih dulu.

Apapun profesi kita jangan sampai membuat orang lain menderita, dari cerita di atas kenapa masyarakat saat ini kalau terjadi perubahan seperti kenaikkan harga spontan semua menyesuaikan kenaikkan. Tanpa menunggu aturan penyesuaian yang baru. Karena saya bukan seorang ekonom,tapi sudah bisa ditebak masyarakat kecil sudah tidak punya cadangan lagi atau tabungan.


Tidak ada komentar: